Thursday, May 24, 2012

Buah Jagung Aneh akibat Serangan Cendawan

Pada suatu hari aku diajak seorang kawan untuk melihat-lihat perkebunan yang ada di daerah Sukadamai, Jonggol, Bogor. Pada suatu area perkebunan jagung, kami mendapati tanaman jagung yang mempunyai buah yang aneh. Buah jagung tersebut mempunyai bulir yang besar-besar dan aneh bentuknya. Kata seorang teman, buah jagung tersebut terkena jamur.
DSC04422
Setelah pulang dari perkebunan tersebut dan mempunyai kesempatan untuk goggling di internet, akhirnya ketemu juga apa yang menyebabkan tanaman jagung tersebut berbuah aneh. Ternyata buah jagung aneh itu terkena penyakit gosong bengkak (corn smut / boil smut) yang disebabkan oleh serangan jamur atau cendawan.
Berdasarkan info dari situs Dinas Pertanian Daerah Kota Blitar, cendawan yang dapat menyebabkan penyakit gosong bengkak tersebut ternyata ada beberapa jenis ya, yaitu Cendawan Ustilago maydis (DC) Cda, Ustilago zeae (Schw) Ung, Uredo zeae Schw, Uredo maydis DC.
Penyakit ini pada tongkol jagung ditandai dengan masuknya cendawan ini ke dalam biji sehingga terjadi pembengkakan dan mengeluarkan kelenjar (gall). Pembengkakan ini akan menyebabkan pembungkus terdesak hingga pembungkus rusak dan kelenjar keluar dari pembungkus dan spora tersebar.
DSC04428
Cara mengatasi dan mengendalikan penyakit gosong bengkak pada jagung ini adalah sebagai berikut:
(1)    mengatur kelembaban areal pertanaman jagung dengan cara pengeringan dan irigasi;
(2)    memotong bagian tanaman kemudian dibakar;
(3)    benih yang akan ditanam dicampur dengan fungisida secara merata hingga semua permukaan benih.

No comments:

Post a Comment